Un Smp 2018 Soal Peluang

Teori dan Video Penyelesaian Soal Peluang UN Sekolah Menengah Pertama 2018 Soal Peluangmie-indonesia.com UN Sekolah Menengah Pertama 2018 Soal Peluang selanjutnya........ atau lihat dulu @Daftar Isi


Entah siapa yang pertama kali memainkan permainan ular tangga atau yang lebih dahulu memperkenalkan ke khalayak ramai sehingga sangat terkenal dimainkan dikala masa kanak-kanak. Permainan ini mempunyai "bintang utama" yaitu dadu yang terdiri bintik-bintik yang menyatakan jumlahnya sesuai angka yaitu dari 1 hingga 6.


Setiap pemain yang menerima kesempatan jalan akan menguncang-guncang dadu sembari mengharap dalam hati biar muncul angka 6 biar jalan lagi atau muncul angka tertentu biar sanggup naik tangga, atau menolak angka tertentu yang sanggup berhenti di tangga turun. Harapan pemain menyerupai kasus di atas pada matematika berkaitan dekat dengan materi peluang.

Teorinya menyerupai terangkum dalam topik " rangkuman materi matematika Sekolah Menengah Pertama siap Ujian Nasional (UN) 2018" menyerupai tertera di bawah ini.



1) Ruang sampel (S) yaitu himpunan semua insiden yang mungkin diperoleh pada suatu percobaan. Setiap anggota dari ruang sampel disebut titik sampel.

2) Peluang insiden K sebagai himpunan bab dari S yang mempunyai anggota sebanyak n(K) didefinisikan sebagai berikut :
Teori dan Video Penyelesaian Soal Peluang UN Sekolah Menengah Pertama 2018 Soal Peluang
3) Kisaran nilai peluang yaitu  


4) Frekuensi relatif (FR) adalah perbandingan banyaknya insiden n(K) yang diamati dengan banyaknya percobaan n(P). Frekuensi relatif dinyatakan dengan rumus sebagai berikut :
Contoh Soal

1) Pada sebuah kotak terdapat 10 kancing berwarna merah, 8 kancing berwarna putih, dan 12 kancing berwarna kuning. Jika Nina mengambil satu buah kancing secara acak, berapakah peluang terambilnya kancing berwarna merah ?

Jawab :

Jumlah kancing dalam kotak = 10 + 8 + 12 = 30.
Banyak kancing berwarna merah = 10
Peluang terambil kancing berwarna merah.
Teori dan Video Penyelesaian Soal Peluang UN Sekolah Menengah Pertama 2018 Soal Peluang

2) Sebuah dadu dilambungkan sekali. Tentukanlah peluang munculnya mata dadu faktor dari 6!

Jawab :

Sebuah dadu dilambungkan sekali. Kejadian mata dadu yang mungkin yaitu S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}, sehingga n(S) = 6.
A yaitu insiden muncul mata dadu faktor dari 6 yaitu {1, 2, 3, 6}
Jumlah anggota dari A yaitu n(A) = 4
Peluang muncul mata dadu faktor dari 6
3) Adik melempar dadu sebanyak 200 kali. Hasilnya yaitu muncul mata dadu 1 sebanyak 25 kali. Tentukan frekuensi relatif muncul mata dadu 1 tersebut !

Jawab :
Teori dan Video Penyelesaian Soal Peluang UN Sekolah Menengah Pertama 2018 Soal Peluang

Soal-Soal latihan

1) Sebuah dadu dan satu keping uang logam dilambungkan bantu-membantu satu kali. Tentukan peluang muncul angka dari mata uang atau mata dadu faktor dari 4 !

2) Sebuah kotak berisi 10 kartu merah dan 20 kartu putih. Kartu merah bernomor 20 hingga 29, sedangkan kartu putih bernomor 41 hingga 60. Sebuah kartu diambil secara acak. Tentukan peluang terambil kartu bernomor kelipatan 4 ! 

3) Dua dadu dilambungkan bersama satu kali. Tentukan peluang muncul mata dadu pertama faktor dari 3 dan mata dadu kedua faktor dari 6 !

Setelah mempelajari teori di atas, video penyelesaian soal peluang sanggup disaksikan berikut ini, atau klik YOUTUBE disini
Semoga postingan UN Sekolah Menengah Pertama 2018 Soal Peluang  akan bermanfaat bagi siswa untuk mencar ilmu mandiri, bagi guru sebagai materi rujukan untuk mengajar, serta seluruh manusia pencinta matematika yang membutuhkan teori, soal dan video perihal matematika.

Terima kasih atas kunjungan anda yang sangat berarti dan bermanfaat bagi kemajuan blog ini. Sukses dalam karya dan karir anda.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Sukses Ujian Nasional (Un) 2018 # Lingkaran, Sudut Sentra Dan Sudut Keliling.