Mengapa Forum Survei Hanya Untuk Kepentingan Politik?

Debat putaran kedua pilkada DKI gres saja berakhir tanggal  Mengapa Lembaga Survei hanya untuk kepentingan POLITIK?
Contoh hasil survei paslon Pilkada
Debat putaran kedua pilkada DKI gres saja berakhir tanggal 12 April 2017. Dari putaran pertama ketika masih tiga pasangan calon, televisi ramai menayangkan interview dengan para pakar komunikasi, pakar politik, jago gesture, dan tidak kalah heboh selalu ditampilkan data-data statistik hasil survei terbaru dalam rentang waktu tertentu dengan responden beberapa ratus sampai ribuan orang.
Namun, hati kecil saya bertanya apakah survei-survei yang mereka tampilkan bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat Indonesia? Jujur saja, saya melihat data-data statistik yang berubah paling berkomentar, Oh......Ahok yang unggul, esoknya lagi, Oh.....Anis yang unggul lagi dan seterusnya dapat berganti-ganti urutan 1, 2 dan 3. Kalau timses mungkin reaksinya lebih heboh dibanding calon pemilih....dimana mungkin reaksi pemilih biasa-biasa saja atau berkomentar bahagia dengan paslon pilihannya. Namun, ada juga masyarakat yang tidak peduli, termasuk saya karena...... ah itu hanya survei saja bukan hasil Pilkada yang sesungguhnya yang mana dapat saja pemenangnya tidak sesuai hasil survei. Daya berpikir kritis saya mulai berkembang sehingga menjadikan pertanyaan, "Apakah manfaat survei ini bagi seluruh lapisan masyarakat?

Fokus ke forum survei, forum survei selalu menyatakan bahwa lembaganya mempunyai kinerja akurat, terpercaya, tidak memihak dan akibatnya cepat; namun jikalau pemenang tidak sesuai dengan polling mereka, tentu mereka sudah menyediakan balasan jitu, "KAMI HANYA MELAKUKAN POLLING, SEMUA TERGANTUNG PEMILIH." Menurut saya, bekerjsama forum survei tersebut tidak lebih ibarat forum riset ramalan cuaca, kadang sempurna dan kadang tidak tepat. Dan lagi, masyarakat juga kadang tidak peduli dengan hasil ramalan cuaca sehingga apapun cita-cita masyarakat, ya masyarakat akan melaksanakan tujuannya contohnya kepentingan travel dan lain-lain.

Tulisan saya ini tidak bermaksud menolak forum survei yang kini ini mulai semakin banyak jumlahnya. Seperti dilansir detik.com sebagai berikut :
"Sudah ada forum survei yang mendaftar untuk quick count. Ada 19 lembaga. Makara untuk melaksanakan quick count harus mendaftar (ke KPU DKI)," kata Ketua KPU DKI Sumarno ketika dihubungi detikcom, Selasa (10/1/2017).
Dari jumlahnya yang 19 saja tentu mereka bersaing siapa yang paling akurat dan tercepat kinerjanya yang tujuannya berdasarkan saya hanya untuk bidang politik untuk kalangan orang-orang partai saja, itupun hanya untuk jangka waktu tertentu saja. Saya bertanya lagi, "Mengapa tidak ada forum survei untuk sektor-sektor kehidupan lainnya?

Saya sempat merenung dan berpikir kenapa cara kerja forum survei itu tidak dipakai untuk hal-hal yang dapat dirasakan pribadi oleh masyarakat misalnya, untuk membantu mengatasi permasalahan gejolak ekonomi masyarakat sebab mahalnya harga beras, harga daging terus naik, harga cabai terus melambung dan lain-lain. Sudah lumrah ditayangkan di televisi, balasan pemerintah sebab stok tidak cukup sehingga secara ekonomi harga akan naik. Kembali lagi saya bertanya, "Kok hal-hal yang rutin terjadi hampir setiap tahun tidak dapat diantisipasi semenjak dini?" Sebagai negara agraris haruskah kita mengimport beras, daging, cabai dan lain-lain? Untuk meng-antisipasi hal ini, bidang ekonomi kita tentunya membutuhkan data-data akurat wacana ketersediaan pangan dan lain-lain, lantas mengapa tidak ada forum survei yang melirik atau bersaing untuk mem-publish ke masyarakat data-data ketersedian pangan dan lain-lain yang mana sangat diharapkan masyarakat?

Harapan saya semoga di masa-masa mendatang pemerintah sudah mempunyai forum survei yang akurat semoga antisipasi permasalahan semua sektor kehidupan tidak hanya politik tetapi juga ekonomi, tenaga kerja, pariwisata, industri, pendidikan, kesehatan dan lain-lain dapat menampilkan data statistiknya di televisi yang tentunya sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentu data-data statistik yang akurat dan kredibilitas sangat mempunyai kegunaan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan semua sektor atau aspek pelayanan masyarakat dapat diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya. Ingat, bangsa yang maju yakni bangsa yang mempunyai data yang lengkap dan akurat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Sukses Ujian Nasional (Un) 2018 # Lingkaran, Sudut Sentra Dan Sudut Keliling.