Perangkat Pembelajaran Guru Tahun Aliran 2017/2018, Rpp Smp Semua Mapel K13 Edisi Revisi

perangkat pembelajaran guru tahun aliran  Perangkat Pembelajaran Guru Tahun Ajaran 2017/2018, RPP Sekolah Menengah Pertama Semua Mapel K13 Edisi Revisi
mie indonesia dot com bukan mie instan biasa tapi www.mie-indonesia.comPerangkat pembelajaran guru 2017/2018 selanjutnya......

RPP Sekolah Menengah Pertama Semua Mapel K13 Edisi Revisi, Permedikbud Tahun 2016 Nomor 22, Komponen RPP, Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 edisi Revisi, indentitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi merupakan beberapa kata yang membantu anda fokus pada isi postingan atau materi artikel.

Ketika tahun aliran gres dimulai, guru mulai sibuk memerhatikan jadwal pelajaran dan materi yang akan diajarkan kepada murid-murid apakah masih di kelas yang sama atau berganti kelas, atau bisa jadi mendapat materi pelajaran lain sesuai kebutuhan sekolah guru tersebut mengabdi. Namun, dari sekian banyak hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan oleh para guru sebelum mengajar yang menciptakan guru kadang stress atau menciptakan guru hingga pusing 7 keliling yaitu ketika kepala sekolah menyampaikan untuk segera menciptakan dan mengumpulkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Wajar saja kalau guru kadang stress dengan RPP ini alasannya yaitu ketika ini saja di lingkungan pendidikan kita masih ada yang menggunakan KTSP ingin beralih ke Kurikulum 2013, kemudian ada yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 namun seiring perubahan waktu, kini diminta lagi untuk menggunakan RPP edisi Kurikulum 2013 versi revisi. Alhasil daripada pusing-pusing memikirkan RPP, dan apa lagi untuk menciptakan RPP yang versinya kadang kurang jelas, maka beberapa guru mencari "solusi terbaik" yaitu mencari RPP dari sobat atau sekolah lain yang sudah "kategori jadi" untuk diedit ulang atau copas 100% ala "Indonesia Banger" gitu he......he.....he....., serta ada juga yang mencari RPP dengan derma mba Google menyerupai yang ada disini. File RPP yang anda download nantinya berbentuk ZIP sehingga untuk melihat isi keseluruhan file tersebut harus di unzip untuk membukanya dengan menggunakan password mie.

Sebelum men-download beberapa versi RPP, sebaiknya kita menggunakan rujukan terbaru sebagaimana yang diatur dalam Permendikbud Tahun 2016 Nomor 22 Lampiran sebagaimana tertera berikut ini.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu rencana aktivitas pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan aktivitas pembelajaran akseptor didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). 
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis supaya pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta menunjukkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis akseptor didik. RPP disusun menurut KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 TENTANG STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, yang merupakan pengganti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2013, komponen RPP yaitu sebagai berikut ;
perangkat pembelajaran guru tahun aliran  Perangkat Pembelajaran Guru Tahun Ajaran 2017/2018, RPP Sekolah Menengah Pertama Semua Mapel K13 Edisi Revisia. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

c. kelas/semester;

d. materi pokok;

e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;

h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

i. metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran supaya akseptor didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik akseptor didik dan KD yang akan dicapai;

j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan materi pelajaran;

k. sumber belajar, sanggup berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan;

l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

m. penilaian hasil pembelajaran.

Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

a. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan akseptor didik.

b. Partisipasi aktif akseptor didik.

c. Berpusat pada akseptor didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, penemuan dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk membuatkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam banyak sekali bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan jadwal pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Demikian komponen RPP dan prinsip penyusunannya, yang diadopsi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 22 tahun 2016. Semoga menjadi panduan sahabat-sahabat guru untuk menyusun RPP dan tentunya untuk mempersembahkan pendidikan yang terbaik bagi bawah umur bangsa.

Okey, supaya tidak membuang tenaga, uang, dan waktu para guru supaya tetap fokus pada persiapan mengajar dan meningkatkan kualitas anak didik, kami akan menunjukkan RPP secara lengkap dan cuma-cuma yang bisa di-download menurut mata pelajaran menyerupai tertera di bawah ini :
1.RPP B. Indonesia Kelas VII

Selain anda sanggup men-download RPP di atas, lengkapi rujukan materi latih anda dengan buku resmi dari pemerintah yang bisa didapatkan secara cuma-cuma pada link berikut ini Buku Sekolah Elektronik (BSE) Edisi 2017

Sekali lagi, bagi rekan-rekan guru atau siapa saja yang mendownload RPP dari website ini JANGAN LUPA untuk membuka file ZIP tersebut dengan password mie.


Semoga postingan Perangkat pembelajaran guru TA 2017/2018, RPP Sekolah Menengah Pertama Semua Mapel K13 Edisi Revisi  akan bermanfaat bagi para guru dan manusia pendidikan lainnya sebagai materi rujukan untuk mengajar dan kebutuhan lainnya dalam dunia pendidikan.


Jadilah kawan atau partner kami untuk mendapat aneka informasi atau artikel terbaru, serta mendapat file-file otomatis untuk siap di download, dengan mendaftar melalui SAYA INGIN MENJADI PARTNER, selanjutnya selesaikan 2 tahapan konfimasi email anda, yaitu mengisi email anda dan mengetik kombinasi angka atau aksara pencegah spam di kotak .EMAIL SUBSCRIPTION REQUEST.

Terima kasih bagi pembaca yang sudah melihat, membaca, dan men-follow serta men-share artikel ini.

☺☺ MotivasiInspirasi dan Edukasi Indonesia☺☺



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Un 2018 Matematika #Relasi Dan Fungsi

Sukses Ujian Nasional (Un) 2018 # Lingkaran, Sudut Sentra Dan Sudut Keliling.